Kursus Computer, Jasa Pengetikan, Rental

Cara freeze panes | membekukan sel di MS Excel 2007

Fitur Freeze Pane pada Ms Excel berfungsi untuk membiarkan beberapa bagian sel atau area kerja tetap terlihat atau diam sementara sel atau area sel yang lain dapat dilakukan scroll atau digerakkan. Freeze pane ini sangat membantu user untuk memasukkan data yang berupa tabel yang sangat panjang, mengingat jika dilakukan tanpa menggunakan fitur freeze pane, maka judul kolom tabel ataupun judul baris tidak akan terlihat sehingga menyulitkan user untuk memasukkan data.
Dibawah ini adalah langkah-langkah menggunakan fitur freeze panes di Ms Excel 2007.
  1. Atur tapilan agar Kepala tabel terlihat dibagian atas dari area kerja ms excel.
  2. Klik pada sel, dimana sel tersebut merupakan sel awal yang bisa discroll atau digerakkan. Artinya sel dalam deretan diatas dan dikiri sel terpilih tersebut yang akan dibekukan.

    memilih sel atau klik pada sel

  3. Klik Tab view kemudian pada group menu Windows klik Freeze Panes, lalu klik Freeze panes lagi. Jika anda pilih freeze top row, maka baris paling atas akan menjadi beku, sedangkan jika dipilih freeze first column maka kolom pertama yang akan dibekukan.

    freeze panes

  4. Mulai dari sekarang, ketika anda scroll kebawah atau atas maka area pink bagian atas tidak akan ikut bergerak sedangkan jika discroll kekanan maupun kekiri maka area pink sebelah kiri tidak akan ikut bergerak. Dengan demikian anda akan lebih mudah memasukkan data yang letaknya sangat jauh dari judul tabel

    membekukan sel
Untuk menonaktifkan freeze panes atau mengembalikan pada kondisi awal, langkah yang dilakukan adalah klik tab view klik freeze panes dan pilih unfreeze panes, maka seluruh sel akan dapat discroll atau digerakkan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara freeze panes | membekukan sel di MS Excel 2007